Kelompok Usaha BErsama KUBE Tunas Puyuh DESA TAMAN

Desa Taman adalah desa yang masuk dalam wilayah Kec. Taman Kabupaten Pemalang. Letaknya yang tidak jauh dari pusat pemerintahan Kab. Pemalang membuat Desa Taman menjadi desa yang ramai. Banyak warga desa Taman yang bekerja sebagai petani, buruh, PNS, guru dan karyawan swasta. Namun di tengah kesibukan orang bekerja ini, ada sebuah kelompok yang mewadahi warga untuk berwirausaha. Kelompok Usaha Bersama ini bernama KUBE Tunas Puyuh.

Kepengurusan KUBE pada hakekatnya KUBE dibentuk dari, oleh dan untuk anggota kelompok pengurus KUBE dipilih dari anggota kelompok yang mau dan mampu mendukung pengembangan KUBE, memiliki kualitas seperti kesediaan mengabdi, rasa keterpanggilan, mampu mengorganisasikan dan mengkoordinasikan kegiatan anggotanya, mempunyai keuletan, pengetahuan dan pengalaman yang cukup serta yang penting adalah merupakan hasil pilihan dari anggotanya.

KUBE Tunas Puyuh ini berlokasi di dukuh Bandelan Rt. 07/Rw. 07, Desa Taman. Kelompok ini dibentuk pada tanggal 12 Januari 2010. Beranggotakan 10 orang warga dukuh Bandelan dengan komposisi anggotanya tidak hanya orang tua namun para pemuda juga. Mayoritas anggota KUBE Tunas Puyuh memang beternak puyuh petelur, namun ada juga yang memiliki wirausaha selain puyuh. Ada yang membuka Poultry shop dan juga bengkel sepeda motor.

Dengan kegiatan rutin rapat pertemuan setiap satu bulan sekali, KUBE tunas puyuh tergolong kelompok yang aktif, sehingga mendapat perhatian dari pemerintah. Pada November 2012 KUBE mendapat dana hibah sebesar 20 juta rupiah dari Dinas Sosial Pusat melalui Dinas Sosial Kabupaten. Pada masa inilah menjadi titik balik KUBE untuk melebarkan sayapnya di bidang peternakan puyuh.

Dana tersebut difungsikan sebagai pinjaman modal usaha anggota KUBE untuk pengadaan pakan dan bibit puyuh. Sampai sekarang total puyuh dipelihara para anggota KUBE ±4000 ekor yang terbagi menjadi beberapa kandang. ” menurut slah satu anggota KUBE Wahyu Tri Sedyatmoko Dengan produksi mencapai 3800 telur puyuh per hari, wilayah pemasaran telur KUBE sudah sampai lain kecamatan.

bongkar telur dari luar kota

persiapan kandang untuk burung puyuh siap produksi
penetasan untuk kebutuhan para anggota KUBE
Kandang hasil produksi anggota KUBE

Cahya PS (Poultry Shop) yang merupakan usaha toko pakan milik salah satu anggota KUBE dijadikan pintu pemasaran bibit puyuh (DOQ) dan penjualan produksi telur puyuhnya. Meskipun ada juga yang sudah bisa menjual telurnya secara mandiri. Permintaan akan telur puyuh sementara belum tercukupi hanya dengan produksi sendiri. Sehingga, pemilik Cahya PS terkadang mendatangkan telur puyuh dari daerah Banjarnegara dan Blitar.

Wirausahawan anggota KUBE ini turut menjadi penggerak ekonomi di kawasan Desa Taman khususnya Dukuh Bandelan Rw 07. Terkait dengan pemasaran produk telur puyuh, diharapkan kedepan KUBE tunas puyuh bisa menjadi pionir dalam penggerak ekonomi warga. Dibantu pemerintah untuk membangun sebuah sentra telur  puyuh mulai dari hulu hingga ke hilir. Tentunya perhatian dari pemerintah masih sangat diperlukan terkait dengan kebutuhan modal dan bimbingan pengetahuan.

 

admin desa (KPMD-IT)

kontributor (AFIF RAHARJO)

 

2 tanggapan untuk “Kelompok Usaha BErsama KUBE Tunas Puyuh DESA TAMAN

  • 5 Oktober 2018 pada 5:39 pm
    Permalink

    Kami Dr kelompok tani organik siap bekerjasama dengan menyediakan Probiotik sebagai pengganti AGP

    Balas
    • 17 Oktober 2018 pada 10:17 am
      Permalink

      terima kasih atas tawarannya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *