MUSDES Penyusunan RKPDes Tahun 2019

TAMAN, Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Desa pada tahun 2019. Desa Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Taman melaksanakan musyawarah desa (MUSDES) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) pada hari Rabu, 19 September 2018 jam 19.30 WIB di Balai Desa Taman. Kegiatan ini dihadiri tokoh masyarakat Desa Taman dan kelembagaan desa meliputi seluruh ketua RT dan RW, LPMD, KPMD, Poktan, Gapoktan, Pengurus PKK, Pengurus Posyandu, tokoh agama, serta Karang Taruna. Selain di hadiri oleh perwakilan lembaga dan para tokoh masyarakat, Musdes juga dihadiri Camat Taman yang mewakili, dan Pendamping Desa.

sambutan Ketua BPD Desa Taman Moh. Bambang

Musdes RKP Desa adalah media untuk merencanakan pembangunan Tahun 2019 dengan menampung usulan-usulan terkait dengan program Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan dan pemberdayaan. Sesuai petunjuk pelaksanaannya yang disampaikan, bahwa usulan-usulan tersebut akan ditampung dengan mengambil beberapa usulan prioritas yang akan dibawa pada agenda kegiatan.
Setelah dilakukan diskusi dan pembahasan terhadap materi RKP Desa, seluruh peserta Musdes memutuskan dan dapat menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi keputusan akhir dari Musdes, yaitu :Menyetujui Rancangan Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2019 untuk ditetapkan menjadi Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2019.

Kepala Desa Taman Agus Sutrisno mengatakan bahwa pembangunan desa ditahun ini sesuai hasil penyusunan RKPDes tahun 2018 sementara berjalan dan beberapa usulan yang tidak terealisasi tahun ini akan diprioritaskan pada RKPDes tahun 2019.”Ungkapnya.

sambutan Kepala Desa Taman Bpk. Agus Sutrisno

Jalannya acara dalam musyawarah desa ini diawali dengan pembukaaan dan dilanjutkan penyampaian pengantar Musdes oleh Ketua BPD, yaitu Moh. Bambang. Agenda berikutnya memasuki acara inti yaitu Musyawarah Desa penyusunan RKP Desa Tahun 2019, dimana didalamnya terdapat kegiatan:

  1. Pembentukan Tim Penyusun RKPDes Tahun 2019 oleh Kepala Desa Agus Sutrisno
  2. Pembentukan Tim Verifikasi oleh Ketua BPD Moh. Bambang
  3. Pemaparan Rencana Prioritas Program/kegiatan di bidang penyelengaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan RPJMDes tahun rencana yang disampaikan oleh Kepala Desa Agus sutrisno;
  4. Tanggapan resmi BPD terhadap Pemaparan Rencana Prioritas Program/kegiatan yang disampaikan oleh Moh. Bambang
  5. Pandangan Masyarakat peserta musdes tehadap pemaparan Rencana Prioritas Program/kegiatan yang disampaikan oleh Bp. Tarjono, S.Ip (Dusun 01), Bp. Mohammadi, S.Pd(Dusun 02), .
  6. Tanggapan Pemerintah Desa atas pandangan resmi dari berbagai pihak terhadap Pemaparan Pemerintah Desa tentang Rencana Prioritas Program yang disampaikan oleh Kasi Perencanaan Bpk. Muksin

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu:

  1. Menyepakati hasil Pencermatan RPJMDes dan usulan dari masing-masing Dusun dengan skala prioritas dengan mengingat Pagu Indikatif Desa
  2. Kegiatan yang dilaksanakan di Tahun 2019 harus seimbang antara kegiatan fisik dan pemberdayaan masyarakat terutama di bidang peningkatan SDM
  3. Usulan kegiatan yang bukan menjadi kewenangan desa akan diusulkan dalam DURKP melalui musrenbang kecamatan

Hasil kesepakatan dituliskan dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa (Agus Sutrisno),  Ketua BPD (Moh. Bambang) dan wakil peserta Musdes .Acara dilanjutkan dengan penutupan secara resmi oleh pimpinan musyawarah Bpk. Moh Bambang.

peserta MUSDES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *